Sabtu, 11 Mei 2013

Pembentukan Logam

Dalam proses pembentukan logam pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah pembentukan logam secara manual, yaitu pembentukan logam yang dilakukan menggunakan perkakas tangan mesin ataupun bukan mesin. Sedangkan yang kedua adalah pembentukan dengan mesin, dimana pengerjaannya dilakukan dengan menggunakan Mesin Perkakas. Mungkin akan timbul pertanyaan bagi anda, mengapa pengerjaan menggunakan perkakas tangan bermesin termasuk pengerjaan secara manual,dan bukan termasuk pengerjaan dengan mesin. Jika anda lebih teliti, mungkin akan mendapatkan jawabannya. Sebenarnya ada perbedaan mendasar dari perkakas tangan bermesin dengan pengerjaan menggunakan mesin perkakas. Mesin perkakas memiliki skala ukur dimasing-masing eretan dan poros transpotir, sehingga pengerjaanya dapat menghasilkan suatu benda dengan tingkat presisi masing-masing. Sedangkan mesin perkakas tangan, tidak memilikinya. Perbedaan lebih jelas dapat dilihat dilihat di posting saya Perbedaan Mesin Perkakas dan Mesin Perkakas Tangan.
Baiklah yuk langsung saja kita belajar macamnya pembentukan logam

1. Pembentukan Secara Manual
Dalam pembentukan manual mungkin sudah banyak yang tau. Pembentukan ini sering dinamai Kerja Bangku. Dimana didalamnya ada mengikir, menggergaji, menggerinda, mengetap, mengebor, dan kerja pelat.

2. Pembentukan dengan Mesin
Dalam pembentukan dengan mesin, ada membubut, vertikal milling, horisontal milling, grinding, dan shaping, sedangkan untuk membuat produk dengan presisi tinggi dan dalam jumlah banyak, ada yang menggunakan CNC machine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar